13 Agustus 2008

Publik Tuntut Liga Inggris Dapat Ditayangkan Di TV Free To Air

kpigoid -12/08/2008 ;; Ratusan pengunjuk rasa yang mengatasnamakan Komunitas Pencinta Bola (KPB) mendatangi kantor KPI Pusat di jalan Gajah Mada, Selasa (12/8). Dalam orasinya yang dijaga ketat aparat kepolisian setempat, mereka menuntut agar siaran langsung Liga Inggris atau English Premier League (EPL) dapat ditayangkan kembali di televisi free to air.

Menanggapi tuntutan tersebut, anggota KPI Pusat, Amar Ahmad, langsung menemui mereka di gerbang depan kantor KPI Pusat. Amar mengajak beberapa perwakilan pengunjuk rasa untuk melakukan audiensi langsung dengan KPI Pusat di kantor KPI Pusat. Kedatangan perwakilan pengunjuk rasa ini, kemudian diterima langsung oleh Ketua KPI Pusat, Sasa Djuarsa Sendjaja dan anggota KPI Pusat, S. Sinansari ecip.

Dalam sambutannya, Ketua KPI Pusat, mempersilahkan perwakilan pengunjuk rasa menyampaikan maksud dan tujuannya. Salah satu dari perwakilan pengunjuk rasa, Harry menyampaikan beberapa harapan dan tuntutan kepada KPI. Dalam sambutnya, mereka menuntut KPI agar dapat mengembalikan siaran liga Inggris sebagai tontonan gratis kepada masyarakat.

"Jangan jadikan tontonan bermutu dimonopoli oleh orang kaya saja. Kami menginginkan liga Inggris ditayangkan kembali di televisi nasional. Jangan hanya ditayangkan di televisi berlangganan," tegas Harry.

Menanggapi tuntunan tersebut, pertama-tama Sasa menjelaskan, bahwa hak siar tayangan Liga Inggris atau EPL sepenuhnya dipegang oleh Astro yang berkedudukan di Malaysia. Di Indonesia, distribusi siarannya disalurkan melalui PT Direct Vision.

Kemudian, lanjut Sasa, kasus tayangan Liga Inggris di Astro, saat ini sedang dalam proses persidangan di Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU). Hasil keputusan dari sidang tersebut, sampai dengan hari ini, belum ada.

Sasa pun menegaskan, KPI akan berupaya mendesak pihak-pihak terkait seperti KPPU dan Depkominfo agar nantinya proses penetuan hak siar atau pertandingan liga Inggris dapat ditentukan secara open bidding atau tender terbuka. Dengan proses itu, bukan tidak mungkin peluang televisi free to air juga terbuka untuk mendapatkan siaran pertandingan liga Inggris yang bertaburan bintang-bintang sepakbola dunia.

"KPI akan langsung berkirim surat kepada KPPU dan Depkominfo mengenai hal ini. Pertemuan ini juga menjadi salah satu bahan referensi kami ke mereka. Mudah-mudahan nanti hasil yang diputuskan oleh KPPU dapat membahagiakan," kata Sasa Djuarsa Sendjaja. Red

Tidak ada komentar: