27 Agustus 2008

Preview / Lead Berita KPI Pusat

Rabu, 27 Agustus 2008
Aturan Baru Menkominfo Soal TV Lokal, Terobosan Hukum Radikal
Sample ImageMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh, mengeluarkan terobosan hukum baru untuk mengatasi menjamurnya televisi swasta di daerah-daerah. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim menyebut langkah Menkominfo itu sebagai terobosan hukum yang radikal.

Rabu, 27 Agustus 2008
TV Lokal Di Bali Tunggu Keputusan Depkominfo
Semua TV lokal yang beroperasi di Bali hanya mengantongi rekomendasi kelayakan dari KPI Bali. TV lokal ini tengah menanti keputusan Depkominfo.

Rabu, 27 Agustus 2008
DPRD Menjamin Obyektif Uji Kepatutan dan Kelayakan KPID Sumut
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara menjamin uji kepatutan dan kelayakan (fit and propertest) terhadap 21 calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut berlangsung obyektif. Menjelang pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan, calon anggota KPID mulai bergerilya melakukan lobi kepada anggota Komisi A.

Rabu, 27 Agustus 2008
Kanal TV di Kediri Sudah Habis
Persaingan antar stasiun televisi lokal untuk memperebutkan frekuensi di Kediri Jawa Timur terbilang ketat. Enam kanal frekuensi yang dialokasikan ternyata sudah habis.

Rabu, 27 Agustus 2008
TV Delta Milik Pemkab Sidoarjo Tak Dapat Rekom KPID
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang tergiur dengan gemulai televisi lokal ternyata tak cukup siap. Meski telah mendirikan TV Delta dan sudah mengudara, ternyata gagal dalam proses pengurusan izin di Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim.

Selasa, 26 Agustus 2008
Menkominfo Minta Hentikan Penerbitan RK Penyiaran Televisi Yang Tidak Sesuai MP
Sample ImageMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Muhammad Nuh mengharapkan kepada KPI dan KPID untuk tidak lagi menerbitkan rekomendasi kelayakan (RK) yang mencantumkan kanal yang tidak sesuai dengan master plan. Hal itu diungkapkan oleh Menkominfo dalam suratnya yang ditujukan kepada ketua KPI dan semua ketua KPID se-Indonesia.

Selasa, 26 Agustus 2008
KPI Pusat Sampaikan Peringatan Terakhir Pada Empat Mata
Sample ImageKomisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI) Pusat memberikan teguran untuk yang terakhir pada program tayangan Empat Mata di Trans 7. Teguran ini diberikan KPI Pusat karena program-program tersebut dinilai telah melanggar Undang-undang Penyiaran serta Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS). Hal itu tertuang dalam surat teguran KPI Pusat ke Trans 7, Senin (25/8).

Selasa, 26 Agustus 2008
Himbauan KPI Pusat Tentang "Indonesia Raya"
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menghimbau seluruh stasiun televisi agar tidak menggunakan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada iklan maupun pada program acara dengan cara yang tidak semestinya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI no. 44 Tahun 1958 Tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Hal itu disampaikan oleh KPI Pusat dalam surat himbauan yang disampaikan kepada semua pimpinan televisi, Senin (25/8).

Selasa, 26 Agustus 2008
TV Lokal Belum Berizin Tak Boleh Cari Iklan
Menjamurnya televisi lokal di Jawa Timur mendapat sorotan tajam. Apalagi stasiun televisi lokal yang belum mengantongi Izin Penyelanggaraan Penyiaran (IPP) sudah melakukan aktivitas bisnis, seperti mencari iklan.

Selasa, 26 Agustus 2008
Menjamurnya Teve Lokal Tak Berizin Bukti Pemerintah Lemah
Televisi lokal yang tidak memiliki izin dinilai sebagai kesalahan dari pemerintah yang tidak tegas menegakkan regulasi. Akibatnya stasiun televisi swasta lokal yang melanggar aturan makin menjamur dan bisa siaran.

Jumat, 22 Agustus 2008
KPI Kritisi Tayangan Kebanci-bancian
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kritisi terhadap tayangan kebanci-bancian di televisi. Adegan seorang laki-laki meniru perilaku perempuan dikhawatirkan menimbulkan pengaruh negatif  pada anak-anak. Sosok yang sekali waktu tampil cantik dan pada tayangan lain tampil gagah bisa menimbulkan kerancuan pikiran anak.

Senin, 25 Agustus 2008
Penertiban TV Lokal Diminta Tidak Tebang Pilih
Rencana penertiban atas keberadaan stasiun TV lokal oleh pemerintah pada Bulan Oktober mendatang, mendapat berbagai tanggapan dari pengusaha TV lokal di Kediri. Rata-rata minta agar Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) maupun Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) lebih bijaksana dalam melakukan penertiban.

Jumat, 22 Agustus 2008
7 Televisi Lokal Berebut 'Kue' di Surabaya
Kota Surabaya bisa dianggap sebagai pasar yang empuk bagi para pengusaha televisi lokal. Buktinya, meski kanal frekwensi yang tersisa hanya 3 namun yang memperebutkan ada 7 stasiun televisi.

Jumat, 22 Agustus 2008
TV Lokal di Surabaya Diimbau 'Tidak Nakal'
Sample ImageKomisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur mengimbau agar semua lembaga penyiaran swasta seperti stasiun televisi lokal mematuhi aturan yang ada. Salah satunya, adalah 1 badan hukum berbentuk PT hanya berhak memiliki 1 kanal atau frekwensi dalam provinsi yng sama.

Kamis, 21 Agustus 2008
KPI Tegur Tiga Program Acara Indosiar
Sample ImageSelain Global TV dan RCTI, KPI Pusat juga melayangkan surat tegurannya kepada stasiun televisi Indosiar. Tidak tanggung-tanggung, KPI Pusat langsung memberikan teguran terhadap tiga program acara Indosiar yang dinilai KPI melanggar aturan yang ada di UU Penyiaran dan P3 dan SPS KPI. Ke tiga program acara tersebut yakni Bleach, Naruto dan Detective Conan.

Kamis, 21 Agustus 2008
Cinta SMA RCTI Ditegur KPI
KPI Pusat meminta RCTI melakukan perbaikan pada isi tayangan sinetron Cinta SMA. Selain itu, KPI Pusat juga meminta RCTI menampilkan klasifikasi atau kategori tayangan pada acara tersebut. Jika RCTI tidak segera melakukan perbaikan tersebut, KPI Pusat akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan dan tahapan yang ada dalam UU Penyiaran dan P3 dan SPS.

Kamis, 21 Agustus 2008
Depkominfo & KPI Didesak Putuskan Izin Televisi Lokal
Televisi lokal Surabaya, Arek TV menuntut kepada Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk segera menyelenggarakan Forum Rapat Bersama (FRB).

Kamis, 21 Agustus 2008
KPI Pusat Tegur Global TV

Sample Image

KPI Pusat memberikan surat teguran kepada Global TV untuk segera melakukan perbaikan terhadap isi program tayangan film kartun Naruto. Naruto dinilai KPI telah melanggar aturan yang ada dalam UU No.32 tahun 2002 tentang Penyiaran serta P3 dan SPS.


Rabu, 20 Agustus 2008
Komnas Anak Desak KPI Tegur 9 Stasiun TV
Sample ImageKomisi Nasional (Komnas) Anak mendesak agar Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegur sembilan stasiun televisi yang telah terbukti menyiarkan tayangan bermasalah untuk anak.

Rabu, 20 Agustus 2008
Aora-TV Beli Hak Siar Liga Inggris 20 Juta US Dollar
Sample ImageBerapa harga hak siar Liga Inggris musim 2008-2009 untuk penayangannya di Indonesia? Lumayan mahal. Sekitar USD 20 Juta atau Rp 184 miliar (kurs 1 USD Rp 9.200). "Tepatnya di kisaran USD 18-20 juta," ujar Ongky P Soemarno. Ongky adalah Direktur Utama Aora-TV, di bawah panji perusahaan PT Karyamegah Adijaya.

Selasa, 19 Agustus 2008
KPI Umumkan Empat Tayangan Bermasalah
KPI Pusat menetapkan empat acara televisi yang dianggap paling bermasalah selama masa pemantauan periode III (14-29 Juni 2008). Ke empat acara tersebut yakni Bleach di Indosiar, sinetron Cerita SMA di RCTI, film kartun Detective Conan di Indosiar serta film kartun Naruto yang juga ditayangkan Indosiar dan Global. Hal itu diungkapkan oleh anggota KPI Pusat yang juga koordinator pemantauan langsung, Yazirwan Uyun, Selasa (19/8) di KPI Pusat.

Selasa, 19 Agustus 2008
36 Calon Anggota KPID Sumut Lulus Psikotest
Sebanyak 36 calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan lolos tes psikologi dan selanjutnya harus mengikuti tes wawancana yang akan dilangsungkan awal Agustus 2008 lalu.

Selasa, 19 Agustus 2008
KPID Kalbar Desak Pusat Segera Gelar FRB
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalbar mengharapkan Departemen Komunikasi dan Informatika mempercepat proses forum rapat bersama (FRB) lembaga penyiaran yang sudah melalui tahap Pra-FRB.

Selasa, 19 Agustus 2008
Liga Inggris Di Aora TV
Sempat simpang siur dan dibuat khawatir akan kehilangan salah satu tontonan sepakbola bermutu, Liga Inggris alias Premiership dipastikan bisa dinikmati lewat televisi berbayar Aora TV. Mekipun demikian, masih bisakah ke televisi lokal?

Jumat, 15 Agustus 2008
KPI Pusat Segera Umumkan Hasil Pemantauan Periode III
KPI Pusat segera mengumumkan hasil analisa pemantauan televisi yang bersiaran secara nasional periode III untuk masa penayangan dari tanggal 14 Juni sampai dengan 29 Juni 2008. Pengumuman hasil pemantauan ini akan dilakukan di kantor KPI Pusat pada Selasa (19/8) minggu depan pukul 10 pagi .

Jumat, 15 Agustus 2008
KPID Kalbar Minta Depkominfo Jadwalkan FRB
KPID Kalimantan Barat (Kalbar) meminta pemerintah cq Depkominfo untuk segera menjadwalkan waktu forum rapat bersama (FRB) lembaga-lembaga penyiaran di Kalbar. Hal itu disampaikan oleh KPID Kalbar dalam surat permohonan yang ditujukan ke Menkominfo beberapa waktu lalu.

Jumat, 15 Agustus 2008
Mahkamah Konstitusi Luncurkan MK TV dan MK Radio
Bertepatan dengan hari ulang tahun Mahkamah Konstitusi (MK) ke lima, Rabu (13/8) lalu, Ketua MK, Jimly Asshiddiqie, melakukan peresmian program MK TV dan MK Radio. MK TV dan MK Radio merupakan program televisi dan radio yang memuat berbagai aktivitas MK baik persidangan, perkembangan pemeriksaan perkara, maupun aktivitas MK lainnya.

Kamis, 14 Agustus 2008
KPID Sulsel Mengharapkan FRB Dipercepat
KPID Sulawesi Selatan (Sulsel) mengharapkan agar segera dilakukan proses Forum Rapat Bersama (FRB) antara Pemerintah dengan KPI dalam waktu dekat. Mereka juga mengharapkan agar proses FRB tersebut dilakukan langsung di Makkasar. Hal itu tertuang dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua KPID Sulsel, Aswar Hasan, minggu lalu.

Kamis, 14 Agustus 2008
Dua LP Jakarta Kembali Di Faktual
KPI Pusat secara marathon kembali melakukan proses verifikasi faktual dua lembaga penyiaran yang baru melakukan permohonan izin untuk penyiaran televisi di Jakarta, Rabu (13/8). Adapun lembaga penyiaran yang difaktual oleh tim perizinan KPI Pusat yakni PT Gada Visual Televisi dan PT Media Komunikasi Televisi.

Rabu, 13 Agustus 2008
Calon Anggota KPID Sumut Harus Punya Integritas Moral
Komisi A DPRD Sumut dan Tim Ad Hoc penjaringan calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) diminta memilih dan menetapkan calon komisioner yang memiliki integritas moral dilandasi kehidupan religius. "Keberadaan komisioner KPID yang bermoral sangat penting untuk menghindari penyalahgunaan kekuasaan dalam tugas pengawasan," kata Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumut, Syaiful Anwar Lubis ketika beraudiensi di Komisi A DPRD Sumut, Minggu lalu

Rabu, 13 Agustus 2008
Liga Inggris di Aora TV?
Sample ImageSelang satu hari setelah salah satu komunitas pecinta sepak bola Liga Inggris melakukan unjuk rasa di KPI Pusat, Hari ini, di detik com, mucul rumor kalau siaran pertandingan Liga Inggris akan disiarkan di sebuah TV berlangganan baru yakni Aora TV. Meskipun demikian, kepastiannya masih tanda tanya. Adapun dibawah ini isi berita Detik Com.

Selasa, 12 Agustus 2008
Publik Tuntut Liga Inggris Dapat Ditayangkan Di TV Free To Air
Ratusan pengunjuk rasa yang mengatasnamakan Komunitas Pencinta Bola (KPB) mendatangi kantor KPI Pusat di jalan Gajah Mada, Selasa (12/8). Dalam orasinya yang dijaga ketat aparat kepolisian setempat, mereka menuntut agar siaran langsung Liga Inggris atau English Premier League (EPL) dapat ditayangkan kembali di televisi free to air.

Selasa, 12 Agustus 2008
Delapan Radio di Bali Jalani Verifikasi Faktual
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali gencar melaksanakan proses perizinan lembaga penyiaran. Dalam kurun waktu satu minggu, mulai Selasa (29/7) hingga Rabu (6/8) lalu, sebanyak delapan lembaga penyiaran swasta (LPS) dan lembaga penyiaran publik (LPP) lokal radio menjalani verifikasi faktual.

Selasa, 12 Agustus 2008
60 Persen Radio dan TV di Jateng Belum Berizin
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah menyebutkan 60 persen lembaga penyiaran radio dan televisi di provinsi ini belum memiliki izin penyelenggaraan penyiaran (IPP).

Selasa, 12 Agustus 2008
KPI Pusat Faktual Suara Metro dan Telkom Vision
Tim perizinan KPI Pusat, Senin (11/8) kembali melakukan proses verifikasi faktual dua lembaga penyiaran yang bersiaran di Jakarta. Dua lembaga penyiaran tersebut yakni PT Radio Suara Metro (Suara Metro) dan PT Indonusa Telemedia (Telkom Vision). Ke dua lembaga penyiaran ini sudah melakukan siaran ke masyarakat.

Jumat, 8 Agustus 2008
KPID NTB Kumpulkan Semua Radio
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTB berencana mengumpulkan seluruh radio negeri, swasta dan komunitas yang ada di NTB. Mereka akan diberikan penjelasan mengenai mekanisme perizinan radio. Pasalanya, dari sekitar 200 radio swasta dan swasta yang beroperasi, hanya puluhan radio saja yang sudah memiliki izin penyiaran.

Jumat, 8 Agustus 2008
KPI Pusat Faktual TV Komunitas Al Washilah
Tim perizinan KPI Pusat kembali melakukan proses verifikasi faktual lembaga penyiaran di wilayah Jakarta, Jumat (8/8). Adapun lembaga penyiaran yang faktual tersebut yakni sebuah televisi komunitas dengan nama Perkumpulan Santri dan Alumni Pondok Pesantren Al Washilah atau Al Washilah TV.

Kamis, 7 Agustus 2008
KPI Pusat Faktual Dua LP Jakarta
Tim perizinan KPI Pusat kembali melakukan verifikasi faktual dua lembaga penyiaran di Jakarta. Adapun lembaga penyiaran tersebut yakni PT Digital Media Asia yang merupakan lembaga penyiaran berlangganan (LPB) dan televisi komunitas Pal Merah.

Rabu, 6 Agustus 2008
28 LP Jawa Tengah Lalui Pra-FRB
28 lembaga penyiaran yang melakukan proses permohonan izin di KPID Jawa Tengah (Jateng), berhasil melalui proses pengecekan administratif atau Pra-FRB yang diadakan oleh Depkominfo bersama-sama KPI di Hotel Megamendung, Cipayung, Bogor, Selasa (5/8) sampai Rabu (6/8). Ke 28 lembaga penyiaran tersebut terdiri dari 25 lembaga penyiaran radio swasta, satu radio publik lokal dan dua televisi.

Rabu, 6 Agustus 2008
17 LP Asal Lampung Lalui Pra-FRB
17 lembaga penyiaran yang ada di wilayah Provinsi Lampung, berhasil melalui proses pengecekan administratif atau Pra-FRB yang diadakan oleh Depkominfo bersama-sama KPI di Hotel Megamendung, Cipayung, Bogor, Selasa (5/8) sampai Rabu (6/8). Ke 17 lembaga penyiaran tersebut terdiri dari dua lembaga penyiaran radio swasta, delapan radio komunitas, satu radio publik lokal dan enam televisi.

Selasa, 5 Agustus 2008
PWI Jaya Rencanakan Anugerah Jurnalistik MH Thamrin untuk Radio dan Televisi
Setelah sukses menyelenggarakan anugerah jurnalistik MH. Thamrin untuk media cetak, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jakarta Raya (Jaya) berniat memperluas penghargaan tersebut untuk karya jurnalistik di radio dan televisi. Saat berkunjung ke KPI siang tadi (5/8), PWI Jaya berniat meminta bantuan KPI dalam penyediaan bahan mentah rekaman acara-acara TV yang dapat diterima siarannya oleh masyarakat Jakarta.

Selasa, 5 Agustus 2008
Ramai-ramai Menjual Kasus Ryan di Televisi
Kompas, 3 Agustus 2008 menulis : Pemberitaan kasus pembunuhan berantai dengan tersangka Very Idam Henyansyah (30) alias Ryan telah melebar ke mana-mana, hingga menelanjangi sisi gelap kehidupan pribadi orangtuanya. Pengamat menilai, media gagal bersikap proporsional untuk kasus Ryan.

Senin, 4 Agustus 2008
Perkuat Kerjasama, KPID Jateng Temui Kapolda
KPID Jateng, Kamis (31/7), menemui Kapolda Jateng Irjenpol Sunarno membahas koordinasi penegakan hukum di bidang penyiaran. Ketua KPID Jateng Amirudin melihat hal ini sudah mendesak mengingat sampai kini pelanggaran hukum penyiaran di daerahnya masih banyak terjadi. Koordinasi dengan Polda diperlukan karena dalam UU Penyiaran 2002 juga memuat sejumlah pasal pidana, yang penegakannya menjadi otoritas kepolisian.

Senin, 4 Agustus 2008
Citra TV Peroleh IPP Tetap
Sample ImagePemerintah cq Depkominfo melalui KPI telah mengeluarkan dan memberikan izin tetap penyelenggaraan penyiaran (IPP) kepada lembaga penyiaran berlangganan (LPB) PT Karyamegah Adijaya atau Citra TV. Hal itu terungkap dalam surat keputusan menteri Kominfo No.198/Kep/M.Kominfo/7/2008 yang ditembuskan kepada KPI pada 31 Juli 2008.

Jumat, 1 Agustus 2008
Kelembagaan Disahkan, KPID Bali Diperkuat Sekretariat
KPID Bali memasuki babak baru. Mengacu pada Permendagri No.19 Tahun 2008, kelembagaan Sekretariat KPID Bali telah disahkan di DPRD Bali pada Juli 2008 ini. Dalam Perda No.2 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah provinsi Bali yang disahkan pada 8 Juli 2008 lalu, dinyatakan Sekretariat KPID Bali merupakan "lembaga lain" dalam organisasi perangkat daerah.

Jumat, 1 Agustus 2008
Radio Pemkot Bodong, KPID Bingung
Status Radio Pemerintah Kota Denpasar (RKPD) membuat Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali pengeng alias pusing. Pasalnya, sesuai UU No 32 Tahun 2002 tentang penyiaran RPKD tidak boleh dimasukkan dalam kategori Lembaga Penyiaran Publik (LPP) lokal. Ini lantaran di Denpasar sudah ada RRI.

Jumat, 1 Agustus 2008
Sambut Ramadhan, LSF Himbau Program TV Supaya Menyesuaikan
Lembaga Sensor Film (LSF) menghimbau seluruh stasiun televisi agar memperhatikan program acara seperti sinetron, reality show, talk show, entertainment dan acara lainnya yang akan disiarkan disesuaikan dengan suasana bulan suci Ramadhan. Ini merupakan bentuk penghormatan bagi umat Islam yang sedang melaksanakan ibadahnya. Hal itu terungkap dalam surat himbauan LSF yang ditujukan kepada seluruh direktur program televisi, beberapa waktu.

Jumat, 1 Agustus 2008
Balmon Siapkan Penertiban Frekwensi Radio dan Televisi Di Surabaya
Sample ImageBalai Monitoring (Balmon) Frekwensi Radio Surabaya berencana melakukan operasi penertiban terhadap stasiun-stasiun televisi dan radio yang mengabaikan aturan serta mengakibatkan interferensi sehingga merugikan masyarakat.

Tidak ada komentar: