09 Agustus 2008

Film Indonesia Hasil Plagiat, REDAKSI YTH Minggu, 10 Agustus 2008

Film Indonesia Hasil Plagiat

Pada 12 Juli 2008 sekitar pukul 18.20, saya kebetulan memindahkan saluran televisi ke saluran TV Indosiar yang saat itu sedang menayangkan sebuah film cerita. Bukan main terkejutnya saya saat melihat sebentar pemutaran film tersebut. Namun, terkejut bukan karena kagum filmnya bagus, tetapi film itu langsung mengingatkan saya pada sebuah film komedi Along Came Polly.

Film yang ditulis dan disutradarai John Hamburg, dibintangi Ben Stiller sebagai Reuben Feffer dan Jenifer Aniston sebagai Polly, dan film tersebut diedarkan di Indonesia dalam bentuk VCD oleh "Medialine Entertainment" Film yang disiarkan oleh Indosiar dengan judul Musuh di Balik Selimut, yang judul ini berdasarkan daftar acara TV pada 12 Juli 2008 tayangan pukul 18.00 di Indosiar, seperti yang dimuat Kompas terbitan hari itu.

Karena saya tak tahu pasti mereka pakai judul apa saat kebetulan saya masuk ke saluran TV Indosiar, tetapi jelas itu adalah hasil plagiat (plagiarism). Adegan terjadinya perselingkuhan dalam bulan madu oleh pengantin wanita, ketemunya peran utama pria dengan peran utama wanita, dan lain sebagainya, semua adalah jiplakan dari film Along Came Polly. Yang tidak bisa dijiplak hanyalah peran si Blind Ferret Rodolfo.

Sudah begitu parahkan kode etik dunia perfilman kita? Sudah begitu miskinkah akan inspirasi bagi para penulis skenario/sutradara di Indonesia? Apa kata Soraya Intercines sebagai produsen? Moe Khing Fan Pluit Sakti IV, Penjaringan, Jakarta

http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/08/10/01375999/redaksi.yth

Tidak ada komentar: