27 Agustus 2008

Alyssa Soebandono Periksa Payudara


Pemain film Alyssa Soebandono sering memeriksa payudaranya saat mandi. Walaupun ia tidak tahu persis bagian mana yang harus ditekan, menurut dia, itu salah satu tindakan deteksi dini kanker payudara yang bisa dilakukan sendiri.

"Aku kan juga belajar biologi, jadi tahu dikit-dikit deh," kata perempuan yang lahir di Jakarta, 25 Desember 1991, ini.

Icha, panggilannya, hadir dalam acara "Think Smart, Prevent Early, Always Care for Breast Cancer" di Jakarta Selatan, akhir pekan lalu. Acara ini diadakan Yayasan Kesehatan Payudara.

Kehadiran Icha dalam acara ini di antaranya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penyakit kanker yang bisa menyerang siapa saja, tanpa pandang usia.

"Untung selama ini belum ada teman atau saudara aku yang kena (kanker) itu. Tapi, kita kan tetap perlu mengupayakan pencegahan," kata Icha yang sedang shooting sinetron Upik Abu dan Laura ini.

Menurut Icha, salah satu upaya pencegahan kanker adalah dengan bergaya hidup sehat, di antaranya dengan berolahraga teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat.

"Kalau aku sih enggak pernah sakit parah. Pernah juga sih dioperasi usus buntu," kata gadis yang suka olahraga kebugaran ini. (EDN)

http://cetak.kompas.com/namaperistiwa Kamis, 28 Agustus 2008 | 03:00 WIB

Tidak ada komentar: