16 Juli 2008

Grand Final "Idola Cilik" - Angel dan Kiki: Kami Tak Bersaing Lagi

Kontestan Idola Cilik 2008, Angel (kiri) dan Kiki (kanan) berpose saat acara jumpa pers di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/7). Puncak Idola Cilik 2008 ini akan berlangsung pada 19 Juli 2008 mendatang.

Grand Final Idola Cilik yang digelar RCTI pada Sabtu, (12/7) malam di Mall Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat terasa begitu menegangkan. Rizky Patrick Egeten alias Kiki dan Angelica Martha Pieterz (Angel) tampil habis-habisan untuk menentukan siapa yang berhak menyandang gelar idola cilik. Perolehan polling pemirsa mereka hanya selisih tipis.

"Kami sudah tidak saling bersaing lagi. Siapa pun yang jadi juara pertama atau kedua bagi kami berdua sudah tidak masalah lagi," ungkap Angel dan Kiki kepada wartawan usai tampil malam itu.

Kiki dan Angel bahkan mengaku malam itu merasa tenang, dan tidak terlalu tegang. Kiki tampil membawakan lagu Kasih Tak Sampai, Menikmati Hari, serta tampil berduet dengan Delon membawakan lagu You Raise Me Up.

Sementara itu, Angel tampil membawakan Sang Dewi, Dubidu, serta tampil berduet dengan Gita Gutawa membawakan lagu Sempurna. Penampilan mereka mengundang decak kagum penonton. Bahkan sejumlah penonton berurai air mata ketika Kiki dan Angel tampil bersama membawakan lagu The Prayer. Kemampuan suara Kiki dalam mencapai nada-nada tinggi berpadu dengan olah vokal Angel yang bertenaga.

"Kami bangga dengan kedua finalis ini. Penampilan mereka sungguh luar biasa, mereka sangat seimbang. Menurut RCTI, kedua-duanya adalah juara," kata Direktur Programming RCTI Harsiwi Ahmad pada kesempatan yang sama.

Pendapat senada juga diungkapkan oleh Ira Maya Sopha, Winda, Duta SO7, dan Dave Hendrik.

"Mereka melampaui apa yang kami harapkan. Padahal kondisi mereka tidak terlalu fit, tetapi mereka telah melampaui batas. Luas biasa," puji keempat juri tersebut. Angel memang sempat terjatuh ketika menyanyikan lagu Dubidu Bae, namun dengan tenang dia berhasil bangkit dan menyelesaikan penampilannya dengan baik. Kedua finalis itu telah melalui perjalanan panjang yang melelahkan selama tujuh bulan dan menyisihkan 9.825 peserta.

Ira dan Duta yang mengikuti sejak awal proses audisi Idola Cilik, memiliki cerita khusus tentang kedua finalis ini. Kiki misalnya, meski fisiknya terbilang kecil untuk anak berusia 11 tahun tetapi dia memiliki kemampuan vokal dengan tingkat oktaf yang tinggi.

"Suara Kiki itu lembut, halus, tetapi dapat mencapai nada-nada yang tinggi. Dia juga punya interpretasi pada lagu yang baik," ungkap Ira.

Hanya saja menurut Ira, waktu di babak awal terlihat Kiki punya kelemahan pada power dan tak hafal lirik. Namun semakin hari ternyata Kiki menunjukkan peningkatan pada kedua hal itu.

Sementara itu, Angel sempat membuat juri sangsi kalau gadis bertubuh tinggi ini baru berusia 10 tahun. Namun, Angel berhasil menepis keraguan itu bahkan membuktikan kalau dirinya mampu bernyanyi dengan teknik vokal yang baik. Maklum dia adalah murid sekolah musik Elfa Secioria yang sudah berulang kali mengikuti perlombaan paduan suara hingga ke tingkat internasional.

"Sifat kekanak-kanakan Angel dapat diimbangi dengan improvisasi an teknik vokal yang baik. Hasilnya adalah range vokal yang luas dan power full," ujar Ira.

Kiki yang otodidak dan Angel yang bertenaga menjadi perpaduan yang menarik sekaligus membuat persaingan menjadi ketat. Pada akhir gelar Grand Final, perolehan sementara polling pemirsa baik lewat sms ataupun telepon langsung, Angel meraih 50,96 persen, sedangkan Kiki 49,04 persen.

"Jumlah sms itu baru perolehan sementara, nanti pengumuman baru minggu depan. Itu baru deg-degan," ujar Kiki.

Polling akan terus dibuka selama sepekan hingga pengumuman pemenang yang akan disampaikan pada Rapor Final Idola Cilik, yang akan digelar Sabtu 19 Juli mendatang.

Menurut Harsiwi, juara pertama akan mendapatkan hadiah berupa tabungan pendidikan sebesar Rp 50 juta. Sedang juara kedua memperoleh hadiah serupa senilai Rp 30 juta.

Kiki dan Angel juga mendapat kesempatan untuk membuat album rekaman bersama 16 Idola Cilik yang masuk final. Album rekaman yang bekerja sama dengan PT Musica Studios itu akan diluncurkan tepat pada acara puncak pekan depan. [W-10]

http://www.suarapembaruan.com/News/2008/07/15/index.html

Tidak ada komentar: