16 Juni 2008

Grand Final MTV VJ Hunt di GlobalTV

Sang pemenang, kata Panca, akan mendapat kontrak langsung sebagai VJ dan juga akan tampil memandu dalam salah satu acara MTV

'Keep Your World Amazing'. Itulah tema yang diusung pada perhelatan MTV VJ Hunt 2008. Global TV sebagai pemegang hak siar atas program-program MTV di Indonesia memilih isu global warming sebagai tema. Selain karena sudah menjadi isu internasional, juga untuk meningkatkan kesadaran anak nongkrong, yang merupakan bagian dari masyarakat, untuk lebih peduli kepada lingkungan yang ada di sekitarnya.

''Tahun ini ajang pencarian VJ MTV mengusung tema "Keep Your World Amazing" sebagai bentuk kepedulian terhadap isu global warming,'' tegas ujar Cipta Panca Laksana, production manager Global TV saat temu wartawan 'Grand Final MTV VJ Hunt 2008' di Atrium EX, Entertainment Building, Jakarta, Kamis (12/6) lalu.

Dipilihnya tema global warming ini merupakan wujud peran serta MTV Indonesia dalam memberikan pembelajaran kepada anak nongkrong untuk ikut bertanggung jawab terhadap lingkungannya, dan tidak hanya semata-mata hidup sebagai remaja yang konsumtif. ''Ini merupakan wujud peran serta MTV Indonesia dalam menyampaikan kampanye sosial tentang bahaya global warming untuk bumi dan seluruh penghuninya. Dan di sini anak nongkrong bisa berperan dan ikut bertanggung jawab terhadap lingkungannya,'' tutur Panca.

MTV VJ Hunt yang merupakan ajang pencarian VJ MTV Indonesia yang memasuki tahun kedelapan ini telah sukses menjalani audisi di beberapa kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Yogyakarta. Hasil audisi dari lima kota besar telah mendapatkan 12 finalis, yaitu Ayu (Medan), Bimo (Bandung), Rizky (Bandung), Ishak (Surabaya), Rimba (Yogyakarta), Robby (Lampung), Abee (Jakarta), Candice (Jakarta), Iara (Jakarta), Dessy (Jakarta), Wani (Jakarta), dan Shierly (Jakarta).

''Ajang ini dapat menjadi wadah penyaluran bakat dan kreatifitas anak nongkrong Indonesia sebagai VJ,'' jelas Panca, acara puncak grand final VJ Hunt 2008 akan diselenggarakan di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, (19/6) nanti. Acara grand final dengan hamparan green carpet akan dipandu VJ Marissa dan VJ Mike ini dimeriahkan Nidji, Mulan Jameela, Ran, J-Rocks, Afgan, T2, The Changcuters, Angel Percussion, United Dance Works dan UKM Trisakti. Tim juri terdiri dari Erwin Parengkuan, Nirina Zubir, Bimbom Barkah, perwakilan Global TV, dan perwakilan MTV Asia. Pemenang akan dipilih menjadi tiga yaitu MTV VJ Winner 2008, Amazing VJ Winner 2008 dan Viewer's Choice VJ Winner 2008.

Untuk sang pemenang, kata Panca, akan mendapat kontrak langsung sebagai VJ dan juga akan tampil memandu dalam salah satu acara MTV. Kendati begitu, finalis lain pun tetap mendapat kesempatan untuk menjadi VJ tamu. MTV VJ Hunt digelar dengan tujuan mencari VJ MTV yang handal dan mampu merepresentasikan semangat anak nongkrong. Para VJ ini diharapkan dapat mempertahankan image MTV Indonesia sebagai satu-satunya channel musik yang paling dipandang dan diakui oleh anak nongkrong.

''VJ Winner Hunt 2008 ini diharapkan dapat diandalkan dan mampu mewakili semangat anak nongkrong dalam mempertahankan image MTV sebagai satu-satunya stasiun televisi musik yang diakui dan dipandang telah mengikuti perkembangan trend musik,'' harap Panca.

Tidak banyak perubahan
Listya Wahyuni, communication officer Global TV mengungkapkan bahwa tahun ini ajang pencarian VJ Hunt tidak mengalami banyak perubahan format. Audisi tidak hanya dipusatkan di kampus atau pusat perbelanjaan, juga dengan perburuan di tempat-tempat nongkrong. ''Tujuannya, hanya demi menjaring peserta yang lebih banyak. Audisi akan dilakukan langsung Global TV,'' kata Listya.

Syarat pesertanya juga tidak banyak berubah, berusia 17-25 tahun dan yang terpenting harus menarik. ''Para finalis VJ Hunt harus camera face, tampang oke dan body yahud. Kriterianya relatif sama, semua orang bisa ikutan,'' ujar Listya. Selain itu sosok VJ Junt harus memiliki kriteria relatif yakni pintar, berwawasan, berbakat, mampu berbahasa Inggris dan memiliki ketertarikan pada dunia musik dan entertainment. ''Tentunya enggak nge- drugs,'' tegas Listya.

Listya mengungkapkan, ke 12 finalis ini telah mengikuti proses karantina selama satu minggu. Pada masa karantina finalis mendapatkan pelatihan di bidang public speaking dan choreografer. Untuk public speaking mereka mendapatkan pengetahuan mengenai confident booster, brand image, guidelines to be a good presenter, verbal language, becoming a good communicator, nonverbal language.

Para finalis itu berada di bawah bimbingan para mentor, Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan serta para mantan VJ MTV, seperti Sarah Sechan, Arie K. Untung, Eddie Brokoli, dan Evan Sanders. Selain itu, 12 finalis ini juga akan tampil membawakan program MTV, seperti MTV Ampuh, MTV Total Request, dan MTV Nongkrong Bareng. ''Mereka berkesempatan untuk belajar bagaimana menjadi VJ dan merasakan "sensasi" ketika harus berhadapan dengan kamera di dalam sebuah studio,'' papar Listya.

MTV VJ Hunt pertama kali digelar tahun 1997 dengan misi khusus untuk mencari calon VJ yang pastinya akan menemani anak nongkrong di MTV. Ajang ini juga berhasil menelorkan beberapa nama VJ. Sebut saja Alex Abbad, Cathy, Arie Untung, Daniel Mananta dan yang terbaru Evan Sanders. Nah, anak nongkrong yang masih terkenang kenang dengan konyolnya Jamie Aditya, Sarah Sechan dan cantiknya Nadya Hutagalung ini sebentar lagi akan mendapatkan sosok VJ MTV Hunt yang tak kalah kerennya. ruz

http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=337754&kat_id=383

Tidak ada komentar: