07 Agustus 2011

Stasiun TV Diminta Tak Tayangkan Adegan Makan & Minum di Siang Hari

M. Rizal - detikNews

Jakarta - Selama bulan puasa Ramadhan beberapa stasiun televisi menayangkan program kuliner di siang hari. Hal ini menuai protes dari anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Iswandi Syahputra. Ia mengimbau agar stasiun televisi tidak mempertontonkan adegan makan dan minum dalam program kulinernya.

"Selama tujuh hari pelaksanaan puasa pekan pertama Ramadhan, sejumlah stasiun televisi menyiarkan program kuliner. Karena saya mengimbau agar adegan makan dan minum dihindarkan, apalagi penayangan lebih banyak di siang hari," kata Iswandi saat bincang-bincang dengan detikcom di Jakarta, Minggu (7/8/2011).

Memang diakui Iswandi, selama ini tidak ada aturan yang melarang siaran kuliner dan adegan makan atau minum di bulan puasa. Hanya saja, adegan itu bisa juga dianggap mengganggu kekhusyuan orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Hal yang paling berat kan menahan lapar dan haus. Janganlah siaran televisi menggoda orang membuka puasa sebelum waktunya," ujarnya.

Oleh karena itu, Iswandi menyarankan, agar acara kuliner atau iklan yang memperlihatkan adegan makan dan minum diubah atau digeser pada jam buka puasa atau sampai sahur. "Ya ini sudah waktunya stasiun televisi untuk 'tobat' dari segala tayangan yang tidak mendidik," pungkasnya.

(zal/ape)

http://www.detiknews.com/read/2011/08/08/014541/1698488/10/stasiun-tv-diminta-tak-tayangkan-adegan-makan-minum-di-siang-hari

rkcool 08 Aug 2011 08:49:55 WIB orang berpuasa tapi beriman empe... muntah  muntah  muntah 
sumobawuk 08 Aug 2011 08:39:22 WIB Beginilah kalau negara kapitalis, semua diukur dari materi. Jangan terlalu berharap suasana yang agamis di tengah masyarakat yang amburadul seperti sekarang ini. muntah  muntah  muntah 
jokowahyono 08 Aug 2011 08:36:03 WIB Da juga ya pejabat KPI yang bloon kayak gini !!! Nggak sampai harus menggeser tayangan kuliner di TV kaleee!!! Yang terberat dari puasa katanya menahan lapar dan haus... yaelahhh....cetek banget pemahaman lo ttg puasa...sono gih ngaji aja sama ustadz biar pinteran dikit....

Susanto Subarno 08 Aug 2011 08:31:03 WIB Larangan terhadap tayangan kuliner di TV pada siang hari di bln puasa dapat juga dipandang merendahakan bagi umat yg lagi berpuasa, seolah olah orang yg berpuasa tidak berdaya dlm menghadapi godaan, seolah olah yg sedang berpuasa cuman nongkrong di depan TV saja. Sama halnya dengan tindakan yg merazia warung makan. Jadi janganlah mengkerdilkan ibadah puasa yg seolah olah hanya menahan haus dan lapar saja. Kita sebenarnya juga tidak sependapat dengan spanduk yg bertuliskan hormatilah kepada yg sedang menjalankan ibadah puasa, itu sesungguhnya juga bermakna tendensius dan dapat diartikan mengkerdilkan arti ibadah puasa. Jadi mestinya kalau mau membuat slogan cukup dengan \" Kuatkan Imanmu semoga ibadah puasanya menjadikan berkah bagi semuanaya\" gitu dong................

Ananda Muchammad D N 08 Aug 2011 08:07:26 WIB waduh, baru liat acara di tv aja masa udah kaga tahan godaannya??? gimana yang puasa sunnah, dimana semua orang bebas makan n minum sedangkan dia puasa thumbsdown

Deni Iskandar 08 Aug 2011 08:01:53 WIB pak, gak semua orang indonesia puasa. jangan cuman minta kita dihormatin aja, kt juga harus tenggang rasa sama yg gak puasa. gak mau keganggu puasa krn TV??? gampang toh, matiin aja TV nya. beres.
lahar.dingin11 08 Aug 2011 07:54:40 WIB Untuk sesuatu kebaikan saya rasa tidak ada kata telat, mungkin tidak acara kuliner saja yang perlu dibenahi bisa saja sinetron, menjelang buka dan sahur yang sifatnya jor joran tanpa ada muatan ibadahnya dan kurang mendidik.
tikojing 08 Aug 2011 07:30:25 WIB Ibarat pertandingan bulu tangkis, karena mau merayakan kemenangan, semua lawan disuruh mengundurkan diri, dengan alasan \'menghormati\'.

'De Rosadi 08 Aug 2011 07:29:35 WIB mungkin maksud y pak iswandi baik ya, tetapi bnyak yg menilai itu trlalu ketat,
Yudha Masta 08 Aug 2011 07:15:52 WIB umat muslim yg brpuasa gk ngaruh kok pak ma acara2 ky gt,mendingan bpk protes acara2 sinetron yg ngumbar tangisan,siksaan dan crita2nya yg lebaaay.. penayanganyapun dr sore hingga mlm hari.. muntah tiap mlm disodori sinetron dgn alur crita yg sangat tidak bermutu!!!



Tidak ada komentar: