07 April 2009

Menanti Kabar Pemilu Terkini di tv One

Di tv One akan hadir berita-berita pemilu dengan konsep menghibur

Ayo semua kita memilih, yang terbaik untuk negeri ini
Lima menit kita memilih, lima tahun kan kita jalani
Jangan hanya menjadi putih, suara kita sangat berarti
Memilihlah untuk Indonesia. Pilih yang terbaik
Untuk Indonesia!

Begitulah lirik lagu  5 Menit untuk 5 Tahun yang ditembangkan grup band Cokelat. Lagu ini dibuat untuk menyambut Pemilu 2009 yang bakal digelar Kamis (9/4) besok. Tembang yang diciptakan gitaris Cokelat, Erwin, ini akan menghiasi layar  tv One mulai Selasa (7/4) sampai Kamis (9/4) lewat program  Jelang Pemilu Indonesia dan  Jelang Pemilu Indonesia Satu untuk Negeri .

Selain Cokelat, akan tampil pula Iwan Fals, Gigi, Soul Id dan Rass Muhammad untuk menghibur sekaligus menyosialisasikan pemilu. Akan hadir pula Firsha, penyanyi tunanetra, yang selain menyanyi juga menyosialisasikan pemilu bagi para penderita cacat.

Tentang lagu  5 Menit untuk 5 Tahun , Kikan, vokalis Cokelat, mengatakan, lagu ini memang diciptakan untuk menyeru, mengingatkan, dan mengajak seluruh warga negara Indonesia menyisihkan waktu selama lima menit untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) guna menyalurkan hak pilih. ''Lima menit akan sangat berarti dalam menentukan nasib bangsa Indonesia lima tahun ke depan. Jadi gunakan hak pilih, jangan golput,'' seru Kikan.
Dengan lagu ini, Cokelat kembali menunjukkan diri sebagai grup band yang nasionalis.

Sebelumnya, lewat lagu  Bendera , grup band ini juga cukup berhasil menggugah rasa kebangsaan seluruh anak negeri. Menurut Kikan, negeri kita butuh dukungan positif dari rakyatnya. ''Janganlah selalu bersikap skeptis, mengkritik atau memprotes tanpa melakukan sesuatu yang baik. Kalau kita tidak peduli, siapa lagi? Dan Cokelat akan terus menyemburkan virus-virus positif agar semangat nasionalisme bangsa Indonesia selalu tinggi,'' ujar Kikan.


Politikment
Pemilu merupakan momen yang penting dan bersejarah bagi rakyat Indonesia. ''Jadi sangat tepat lagu yang dibawakan Cokelat, waktu lima menit datang ke TPS sangat berharga untuk masa lima tahun Indonesia,'' terang Nurjaman, wakil pemimpin redaksi  tv One saat jumpa pers di Jakarta, Senin (6/4).

Menurut Nurjaman, sangat tepat pula jika  tv One menjadikan lagu itu sebagai tembang untuk menyosialisasikan acara pemilu. Menurutnya,  tv One akan menyajikan informasi Pemilu 2009 dengan konsep menghibur. ''Kami menyajikan sesuatu yang berbeda yang tidak ada di televisi lain yakni konsep sajian informasi pemilu dengan kemasan  entertainment ,'' terang Nurjaman yang mengistilahkan konsep acara tersebut sebagai  politikment .

Sebagai TV Pemilu, lanjutnya,  tv One memiliki komitmen untuk memberikan informasi pemilu kepada masyarakat secara cepat, akurat, dan independen. Salah satu yang akan diinformasikan kepada para pemirsa adalah hasil pemungutan suara. ''Untuk itu,  tv One bekerja sama dengan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) akan memberikan hasil penghitungan cepat ( quick count ) yang langsung dapat disaksikan secara nasional,'' kata Nurjaman. 
Selain itu,  tv One juga telah menandatangani kerja sama eksklusif dengan Mahkamah Konstitusi (MK) demi mendapatkan akses untuk meliput langsung kasus-kasus hasil pemungutan suara di 33 provinsi di Indonesia.

Pada hari H pemilu yaitu Kamis (9/4),  tv One selama satu hari penuh akan menyebarluaskan berita-berita pemilu dan terus mengikuti perkembangan hasil pemungutan suara yang disiarkan secara langsung dari Jakarta dan juga tiga biro  tv One (Medan, Surabaya, dan Makassar). Selain itu, ada pula siaran langsung dari Aceh, Bandung, Yogyakarta, dan Australia. ''Berita-berita pemilu yang disajikan secara independen dan jujur itu juga didukung oleh program  Kabar PagiApa Kabar IndonesiaKabar SiangKabar PetangApa Kabar Indonesia Malam , dan  Kabar Terkini .''  rusdy nurdiansyah

http://www.republika.co.id/koran/43/42670/Menanti_Kabar_Pemilu_Terkini_di_I_tv_One_I

Tidak ada komentar: