12 Juni 2008

Ragam Komedi Ceria di TransTV

Trans TV ingin menyuguhkan keceriaan bagi pemirsanya

Aming dan Indra Birowo yang berdandan sebagai anak band memasuki sebuah hotel dan mengaku kepada room boy (Edric Tjandra), personel band Andra and Backbone). Keruan saja Edric tidak percaya dengan Aming dan Indra yang bertubuh kurus, apalagi tidak beberapa lama muncul para personel Andra and Backbone yang sesungguhnya.

Itulah penggalan skenario pembuka acara Extravaganza yang ditayangkan Trans TV pada Sabtu, (7/6) lalu pukul 19.00 WIB. Penampilan Aming cs di Extravaganza kian mendapat tempat tersendiri di masyarakat. Menurut Aris Ananda, planning & scheduling Dept Head Trans TV, ExtraVaganza yang mulai tayang 5 April 2004 mampu menembus kompetisi yang ketat di jagad komedi Indonesia saat ini. Format program acara komedi ini terbagi dalam beberapa segmen, yakni sitkom, komedi musikal, dan parodi. Di Extravaganza, pemirsa juga akan disuguhi penampilan penyanyi dan band-band papan atas, seperti: Peterpan, Christian Bautista, Keith Martin, Serieus, Gigi, Audy, Slank, Andra and Backbone, dan lain-lain.

''Extravaganza menyajikan sesuatu yang baru, baik pemain, gaya berkomedi, maupun kemasan komedi itu sendiri dan digabungkan dengan penampilan musik dari penyanyi dan grup band yang menjadi bintang tamu. Hal itu memiliki daya tarik tersendiri, semakin memiliki daya pikat,'' tutur Aris mengenai acara variety show terpopuler di Trans TV ini.

''Kini Extravaganza sudah menjadi trendsetter dan juga sudah dapat membentuk pemirsa tersendiri,'' tegas Aris. Agar dapat bertahan, kami berusaha berinovasi,'' terang Aris yang mengungkapkan, berdasarkan riset AC Nilsen, rating acara ini tetap tinggi dengan mencapai delapan poin.

Kesuksesan Extravaganza membuat Trans TV menjadi percaya diri untuk membuat beberapa program acara komedi dengan format berbeda. Seperti Sssst Usil Banget Deh, Coffe Bean Show, Sketsa, Jail, dan Akhirnya Datang Juga Plus-Plus.

Sssst Usil Banget Deh (SUBD) tayang kali perdana pada 10 November lalu itu dihadirkan setiap Sabtu pukul 18.30 WIB. SUBD yang masuk dalam kategori reality game show ini dipandu oleh komedian Bedu. ''Respons pemirsa terhadap tayangan SUBD ini juga cukup memuaskan. Perolehan rating maupun share pemirsa relatif bagus,'' ungkap Aris. Berdasarkan data harian yang dilansir dari lembaga riset televisi, AGB Nielsen berhasil menembus rating hingga 2,7 poin.

Kondisi serupa terjadi pada Coffe Bean Show (CBS). Diungkapkan Aris adapun, rating dan sharenya CBS selama dua minggu terakhir. ''Rating dan share ini mengalami peningkatan setelah selama ini share-nya di bawah 10 persen,'' ungkap Aris mengenai CBS yang kini sudah mencapai 30 episode.

''Bila dilihat dua minggu terakhir mengalami peningkatan, berarti memang terjadi respons yang positif dari pemirsa terhadap CBS. Untuk itu kualitas selalu berusaha ditingkatkan dengan cara menghadirkan bintang-bintang tamu yang variatif di setiap episodenya dan tidak lupa—terus meningkatkan kelucuannya,'' tutur Aris.

Tak kalah serunya, lanjut Aris, acara Sketsa yang tayang setiap Jumat pukul 19.30-20.00 WIB. Program ini menampilkan sketsa-sketsa komedi singkat namun memancing tawa maksimal. ''Kami ingin mengenalkan format baru yakni komedi real yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari, tidak dibuat-buat dan diangkat dari materi yang fresh,'' terang Aris.

Adapun Jail yang merupakan sebuah program comedy reality show menangkap kelucuan suatu situasi. Jail tayang setiap hari Jumat mulai pukul 19.00-19.30 WIB dengan menampilkan beberapa ide jahil yang telah dipersiapkan pada lokasi yang berbeda-beda.

Sedangkan Akhirnya Datang Juga Plus-Plus merupakan bentuk pengembangan dari kesuksesan program Akhirnya Datang Juga ini tayang setiap Rabu pukul 19.00 WIB. Program ini hadir memberikan hiburan menyegarkan melalui penampilan Nardji sebagai pembawa acara.

Hadirnya program-program komedi tersebut pada waktu primetime menegaskan upaya Trans TV untuk menciptakan hari-hari pemirsa yang penuh dengan keceriaan ''Hadirnya program-program komedi tersebut untuk membuat pemirsa terhibur dengan canda tawa di waktu primetime yang santai.'' ujar Hadiansyah Lubis, head of marketing public relations Trans TV.

''Kita sadar di primetime itu persaingan cukup berat. Karena pada slot tersebut hampir semua stasiun televisi menghadirkan sinetron. Nah, dengan sajian program ini kami berharap bisa menjadi alternatif tontonan yang bisa menghibur pemirsa di rumah.''

''Para pemirsa di negeri ini sudah terbiasa menyaksikan sinetron. Sekarang kami ingin secara perlahan mengubahnya lewat tayangan yang berbeda,'' tegas Hadiansyah yang menegaskan lagi bahwa memang program acara komedi menjadi unggulan di Trans TV selain program acara musik dan film.

Dengan hasil rating dan share yang cukup tinggi dari program-program komedi yang disajikan Trans TV menunjukkan bahwa acara-acara komedi tersebut dapat bersaing dengan acara-acara sinetron pada jam-jam primetime. ruz

http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=337424&kat_id=476

Tidak ada komentar: