07 Agustus 2011

Presiden SBY Dikelilingi Orang-orang yang Suka Memicu Kontroversi - Ralat Berita

Fajar Pratama - detikNews

Jakarta - Bukan sekali dua kali, pemberitaan yang berkaitan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berubah menjadi bola panas ketika orang-orang dekatnya memberikan komentar. Ini terjadi karena Presiden SBY dikelilingi orang-orang yang suka memicu kontroversi atau penabuh gendang.

Istilah penabuh gendang ini disampaikan anggota Dewan Pers Agus Sudibyo seusai menjadi pembicara dalam diskusi Polemik Trijaya di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (6/8/2011). "Presiden juga dikelilingi orang-orang yang suka memicu kontroversi, istilahnya para penabuh gendang," kata Agus.

"Jadi, saya menggunakan istilah penabuh gendang, bukan genderang perang," kata Agus Sabtu malam, meluruskan pemberitaan detikcom sebelumnya berjudul 'Dewan Pers: SBY Dikelilingi Orang-orang yang Penuh Kontroversi'. Menurut Agus, istilah penabuh gendang dikenal dalam komunikasi politik yang menganalogikan politik sebagai sebuah orkestra.

Agus menyatakan, sebenarnya dalam hubungannya dengan pers, Presiden SBY relatif lebih baik dibandingkan para pendahulunya : tidak pernah membredel pers, mau membatalkan RUU Rahasia Negara, dan beberapa statemennya juga positif. Namun, sayang presiden masih sering mengkritik pers secara apriori.

"Selain itu presiden juga dikelilingi orang-orang yang suka memicu kontroversi, istilahnya para penabuh gendang," ujar pria yang kini menjabat ketua komisi pengaduan masyarakat dan penegakan etika Dewan Pers itu. Dalam diskusi ini, Agus juga banyak menyoroti kinerja media dalam menegakkan kode etik jurnalistik.

Agus Sudibyo menyebut beberapa nama yang menjadi penabuh gendang itu. Antara lain, Marzuki Alie, Dipo Alam, dan Ruhut Sitompul. Dalam catatan wartawan, tiga nama ini memang pernah atau sering berkomentar yang akhirnya mengundang kontroversi. "Dalam komunikasi politik, kontroversi-kontroversi yang dimunculkan para penabung gendang itu sedikit-banyak merugikan citra presiden," kata dia.

(Catatan redaksi: berita ini sekaligus meluruskan pemberitaan sebelumnya berjudul 'Dewan Pers: SBY Dikelilingi Orang-orang yang Penuh Kontroversi', edisi Sabtu, 6 Agustus 2011, pukul 12.13 WIB. Berita tersebut sudah dilebur dalam berita ini. Dalam berita sebelumnya, dalam beberapa kalimat istilah 'penabuh gendang' ditulis 'penabuh genderang perang.')
(fjr/ndr)

http://www.detiknews.com/read/2011/08/06/121327/1697971/10/presiden-sby-dikelilingi-orang-orang-yang-suka-memicu-kontroversi

Tidak ada komentar: