08 Juli 2010

Supaya Tak Molor, Implementasi SSJ Butuh Ketegasan


Sample ImageMeski Kepmen mengenai implementasi sistem stasiun jaringan (SSJ) sudah dikeluarkan sejak Desember 2009 namun dinilai masih jauh dari harapan. Dugaan pelaksanaan sistem tidak maksimal karena samar-samarnya penegakan regulasi untuk sistem ini.
Rabu, 7 Juli 2010
Anak, Iklan dan Infotainmen Jadi Fokus Bahasan
Sample Image

"Sejauh tayangan memenuhi kaidah dalam Kode Etik Jurnalistik (KEJ), maka infotainmen termasuk produk jurnalistik," terang Agus Sudibyo, anggota Dewan Pers yang diminta menjadi narasumber dalam sidang Komisi Isi Siaran Rakornas KPI, 7 juli 2010. Agus sudibyo menegaskan lembaga penyiaran harus mempunyai keputusan, infotainment termasuk berita atau non berita. Bila termasuk berita maka harus memahami etika jurnalistik. Infotainment termasuk yang paling sering melakukan pelanggaran kode etik seperti pada kasus video porno mirip artis. Pekerja infotainment memaksa mengambil gambar dan komentar narasumber yang menolak untuk diwawancarai."Hal itu melanggar kode etik,"ujar Agus.


Rabu, 7 Juli 2010
Proses Perizinan Perlu Penyederhanaan
Sample ImageSidang komisi Perizinan Rakornas KPI 2010 dengan tema "Menata Mekanisme Proses Perizinan", 6 Juli 2010,Selasa malam, memunculkan berbagai masukan dan juga permasalahan di KPID. Mulai dari persoalan SSJ sampai dengan proses permohonan izin penyiaran dibahas secara dinamis dalam sidang komisi pertama bidang ini.

Selasa, 6 Juli 2010
KPI Kaji Kemungkinan Berlakukan Sanksi Denda
Sample Image"Kewenangan KPI berdasarkan UU sudah nyata sebagai regulator,"ujar Suhariyono, Sekjen Ombusdman, dalam diskusi Rakornas mengenai Sanksi Denda, Selasa malam, 6 Juli 2010. Suhariyono merujuk pada Bab 3 UU no. 32 tahun 2002 tentang Penyiaran yang tidak ada satupun pasal dengan menyebut pemerintah.


Tidak ada komentar: