15 Januari 2010

Sosialisasi P3 SPS 2009 ke Trans TV dan Trans 7

Sample ImageSehubungan dengan diluncurkannya perbaikan terhadap Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 SPS), KPI Pusat mengadakan sosialisasi P3 SPS 2009 ke Trans TV dan Trans 7, Kamis (13/01).


Sosialisasi P3 SPS di Trans TV dan Trans 7 fokus kepada program reality show. Selain itu, anggota KPI Pusat Fetty Fajriaty Miftach juga menjelaskan beberapa pasal-pasal tambahan dan perbaikan yang terdapat pada P3 SPS versi terbaru ini.


Trans TV dan Trans 7 menjadi stasiun tv pertama yang dikunjungi KPI dalam rangka sosialisasi ini. Pertimbangan tersebut muncul karena dari hasil survei AGB Nielsen Trans TV dan Trans 7 adalah stasiun tv yang paling banyak di tonton oleh pemirsa, memiliki banyak program yang bagus, brand image yang kuat, dan dipenuhi anak muda dengan semangat dan kreativitas yang tinggi


Program reality show Trans TV Realigi dan Termehek-mehek, menjadi acara nomor satu untuk periode 3-9 Januari 2010 menurut AGB Nielsen.  Namun begitu, Fetty Fajriaty mengingatkan bahwa program reality show Trans TV tidak luput dari pelanggaran. Menurutnya masih ada unsur ekploitasi kemiskinan, kekerasan, dan hal yang dapat melunturkan nilai-nilai kehidupan yang ada di masyarakat, seperti  membuka aib seseorang dan pertengkaran di muka umum.


Dalam sesi tanya jawab pihak Trans TV, Dede Apriyadi menyarankan bila ada pelanggaran kode etik jurnalistik maka solusinya adalah pengadilan, Dede menganggap KPI sebagai lembaga "superbody" yang dapat membuat aturan, mengubah dan memberikan sanksi.


Fetty Fajriaty menjelaskan bahwa KPI bukan "superbody", bahkan banyak yang menganggap KPI seperti "macan ompong". Dalam UU No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, dijelaskan tugas dan wewenang KPI salah satunya yaitu dapat memberikan sanksi tetapi di lain pihak, KPI juga harus menumbuhkembangkan industri televisi, maka dari itu KPI sangat berhati-hati dalam melakukan penindakan.


Pada kesempatan tersebut, pihak Trans TV dan Trans 7 memberikan banyak masukan kepada KPI. Fetty Fajriaty memberikan penghargaannya kepada Trans TV berkaitan dengan acara Trans TV yaitu Jelajah dan Jejak Petualang yang mendapatkan rating yang sangat baik di televisi Singapura, Surya TV, serta acara ulang tahun Trans TV yang akan disiarkan oleh televisi berbayar Malaysia, ASTRO.


Dengan adanya sosialisasi P3 SPS terbaru ini, pihak Trans TV dan Trans 7  memberikan nilai positif dan berjanji akan lebih meningkatkan kualitas programnya. Red/AN - http://www.kpi.go.id/?etats=detail&nid=1641

Tidak ada komentar: