26 Januari 2010

Auditorium Jusuf Ronodipuro RRI Diresmikan

Jakarta, Kompas - Tepat dua tahun setelah wafatnya salah seorang pendiri RRI, M Jusuf Ronodipuro, Rabu (27/1) malam, RRI akan meresmikan Auditorium Jusuf Ronodipuro di gedung utama Lembaga Penyiaran Publik di Jakarta. Dalam peresmian ini, Direktur Utama LPP RRI Parni Hadi dijadwalkan akan menandatangani prasasti guna mengenang Jusuf Ronodipuro yang juga dikenal sebagai pembaca teks Proklamasi Kemerdekaan RI melalui siaran radio.

Peresmian akan diikuti dengan pergelaran Orkes Simfoni Jakarta (OSJ), yang selanjutnya akan secara teratur menyemarakkan kegiatan auditorium bersama dengan pergelaran seni budaya lain.

Pelaksana Harian Dirut LPP RRI Niken Widiastuti, dalam siaran persnya, menjelaskan, di Auditorium Jusuf Ronodipuro, yang sebelumnya bernama Studio B RRI Jakarta, pernah berlangsung sarasehan kebudayaan yang melahirkan Forum Kebudayaan Nasional pada 5 Juli 2008. Peristiwa itu sekaligus juga dimaksudkan untuk memperingati 90 Tahun Kongres Kebudayaan Indonesia.

Khususnya untuk musik klasik, ketika memimpin RRI, Jusuf Ronodipuro, yang juga merekam suara Bung Karno saat membaca teks Proklamasi dan pemekik semboyan RRI "Sekali di Udara tetap di Udara", rutin menyelenggarakan pergelaran musik klasik yang ditonton oleh pemimpin nasional dan pencinta musik klasik saat itu.

Dalam pergelaran yang akan dipimpin oleh konduktor Amir Katamsi, OSJ akan menampilkan solois Aning Asmoro Katamsi dan tenor Ch Abimanyu. (*/nin) - http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/01/27/03380339/auditorium.jusuf.ronodipuro.diresmikan.

Tidak ada komentar: