10 Februari 2009

Bangkitlah TVRI!

TVRI bertekad untuk kembali menjadi televisi kebanggaan masyarakat.

Kehadiran stasiun televisi swasta membuat TVRI merana. Stasiun televisi yang dulu begitu lekat di hati masyarakat, perlahan-lahan ditinggal pemirsanya. Survei yang pernah dilakukan AC Nielsen Indonesia di lima kota besar menunjukkan,TVRI merupakan stasiun televisi yang paling tidak populer atau tidak banyak ditonton masyarakat.

Namun, bukan berarti TVRI telah habis. Masih ada waktu untuk berbenah dan memperbaiki diri. Dan ternyata, para pengelola TVRI pun memiliki tekad itu. Maka, tahun ini mereka berencana melakukan banyak perubahan format dan program acara. ''Untuk itu, TVRI telah mencanangkan tahun 2009 sebagai tahun produksi,'' ujar Herman Budi Rahman, direktur pengembangan usaha TVRI, Jumat (30/1).

Apakah itu artinya di tahun-tahun sebelumnya TVRI tidak berproduksi? Tentu tidak begitu. ''Namun jika dibandingkan, jumlahnya relatif lebih banyak dan sebagian besar slot time-nya diisi dengan in house production, termasuk TVRI stasiun daerah pun ikut ambil bagian mengisi programa nasional,'' terang Herman.

Kehadiran program produksi TVRI stasiun daerah dalam siaran nasional, lanjutnya, memberikan warna khas, terutama dari pilihan isinya yang umumnya bermuatan lokal. Integrasi muatan lokal ke dalam siaran nasional menjadikan muatan program TVRI lebih variatif. Hal ini sejalan dengan citra TVRI sebagai stasiun televisi bernuansa Indonesia Color's Harmony. ''Semangat inilah yang ingin dikembangkan dan diwujudkan TVRI sebagai TV publik,'' ujar Herman. Untuk ini, TVRI telah menyiapkan sejumlah program baru yang kreatif dan inovatif bernuansakan Indonesia Color's Harmony.

Program baru
Apa saja program baru di layar TVRI? Jika Anda menggemari musik, stasiun televisi ini bakal menghadirkan program Tangga Lagu. Acara musik lainnya adalah Bintang Kampung, Indonesia Bermusik, Gebyar Keroncong dan Nostalgia. Ada pula acara budaya, sejarah politik, olahraga dan berita. ''TVRI sangat yakin bisa menguatkan image-nya sebagai stasiun televisi bernuansakan Indonesia Color's Harmony,'' ujar Manajer Humas TVRI, Meggy Rares.

Diakui Meggy, rating dan share yang diperoleh TVRI saat ini masih rendah. Namun, tahun ini TVRI bertekad kembali menjadi televisi kebanggaan masyarakat Indonesia. ''Kami sudah siap bersaing dan sekali lagi kami yakin apa yang akan disajikan TVRI ke depan bukanlah program murahan, tapi akan menjadi program yang lebih bermakna,'' ujar Meggy.

Mengenai program musik Tangga Lagu yang bakal menghibur pemirsa setiap Sabtu dan Ahad pukul 16.30-17.30 WIB, Meggy menjelaskan, tak hanya lagu-lagu baru yang bisa dinikmati, acara ini juga menghadirkan lagu-lagu lama yang masih digemari masyarakat. Program ini, menurut Meggy, bisa menjadi ajang promosi bagi penyanyi yang baru membuat album. Sang penyanyi bisa hadir bersama pencipta lagu atau musisi yang terlibat dalam pembuatan album untuk membahas proses penciptaan sampai prospek-prospek yang diharapkan.

Ada lagi Bintang Kampung yang akan hadir setiap Ahad pukul 20.00-21.00 WIB. Menjadi bintang memang bukan monopoli orang kota. ''Ternyata setelah Bang Mandor (pembawa acara Bintang Kampung) berkelana ke pelosok-pelosok desa, banyak remaja dan anak muda yang vokalnya bagus dan berpotensi jadi bintang,'' tutur Meggy.

Indonesia Bermusik akan hadir setiap hari pukul 22.00-23.30 WIB. ''Musik adalah kehidupan. Semangat itulah yang ingin dihadirkan pada program ini. Penayangan dilakukan secara stripping dengan menghadirkan beragam jenis musik seperti keroncong, rentak Melayu, jazz, country dan sebagainya yang dikemas dalam berbagai format,'' terang Meggy.

Nah, untuk para penyuka musik keroncong, jangan lewatkan Gebyar Keroncong yang menyapa pemirsa setiap Senin pukul 22.00-23.30 WIB. Menurut Meggy, keroncong bukanlah musik 'jadul' (zaman dulu). ''Coba saja masuk ke dunia maya, temui komunitas keroncong, ternyata anak muda pun mulai menyukai keroncong.''

TVRI juga menyediakan program bagi pemirsa yang ingin bernostalgia dengan menikmati tembang-tembang kenangan. Nostalgia nama acaranya. Acara ini hadir setiap Jumat dan Ahad keempat pukul 22.00-23.30 WIB. Lewat acara ini, Anda bisa pesan lagu kenangan untuk orang terdekat Anda. Asyik kan? rusdy nudiansyah

http://www.republika.co.id/koran/43/30356/Bangkitlah_I_TVRI_I

Tidak ada komentar: