21 April 2009

Tayangan Pemilu tv One

Serius Sekaligus Menghibur

Menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2009, suhu politik kian menyengat. Coba tengok di layar kaca, hampir semua stasiun televisi menyajikan program acara beraroma Pilpres. Sebagai TV Pemilu, tv One tentu tak ketinggalan untuk menyajikan beragam informasi seputar Pilpres. ''Berbagai program dan informasi yang telah ditampilkan di layar kaca  tv One merupakan bukti komitmen dan janji  tv One untuk selalu menyampaikan informasi tentang Pemilu 2009,'' ujar Raldy Doy, manajer Humas  tvOne , Selasa (21/4).

Komitmen itu setidaknya dibuktikan dengan kerja sama eksklusif  tv One dengan Mahkamah Konstitusi untuk menginformasikan berbagai kejadian dan peristiwa Pemilu 2009, juga kerja sama dengan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) untuk menginformasikan hasil hitung cepat ( quick count ) Pemilu 2009.

''Sebagai TV Pemilu,  tv One memang berkomitmen menjadi sarana informasi pemilu bagi masyarakat. Selain itu,  tv One juga berkomitmen bagi pencerdasan politik masyarakat,'' kata Raldy seraya mengungkapkan bahwa  tv One juga telah menjalin nota kesepahaman (MoU) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 24 Mei lalu.

Raldy melanjutkan, pemilu merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sebagai bentuk kepedulian terhadap pesta demokrasi tersebut, TV One menghadirkan sejumlah acara seperti Debat dan Uji Kandidat untuk memberi pencerahan dan pemahaman yang lebih dalam kepada masyarakat tentang masalah politik yang dibicarakan.

''tvOne ingin mengajak masyarakat berpikir cerdas dan siap mengambil keputusan yang terbaik dalam memilih pemimpin Indonesia masa depan,'' tegasnya yang memaparkan, acara Debat disajikan di layar tvOne setiap Rabu pukul 19.30-20.30 WIB. Lalu acara Uji Kandidat tayang setiap Senin pukul 19.30-20.30 WIB, dan Negeri Impian hadir setiap Jumat pukul 19.00-21.00 WIB.

Rencananya, lanjut Raldy, dalam acara Debat untuk Pilpres 2009, akan menampilkan para calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) untuk berdiskusi memaparkan program visi misinya. ''Acara Debat akan berlangsung seru dan menarik dengan akan dilibatkannya penonton yang hadir, selain juga akan melibatkan panelis,'' paparnya.

Dijelaskan Raldy, Program Debat bertujuan memberi pencerahan dan pemahaman yang lebih dalam tentang masalah yang dibicarakan. ''Ini suatu alternatif acara yang bisa membuka mata awam mengenai isu politik, pemerintahan dan kenegaraan,'' jelasnya, yang menambahkan di layar televisi, Debat menyuguhkan sesuatu yang baru dan beda dibanding acara talk show serupa yang pernah ada. ''Rating dan share acara ini juga cukup baik. Artinya, sambutan penonton sangat baik,'' kata Raldy.

Kemasan berbeda
Tidak seperti sajian acara sebelumnya, menjelang Pemilu 2009, kemasan acara yang disuguhkannya tvOne akan berbeda. ''tvOne menyuguhkan informasi-informasi tentang Pemilu dengan kemasan yang menghibur,'' ujar Raldy, yang mengungkapkan sajian berbeda dari tvOne tersebut dimulai pada Kamis, (9/4) lalu dan tepat pukul 12.15, tvOne menjadi TV pertama yang langsung memberikan informasi perkembangan hasil penghitungan suara Quick Count dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Selanjutnya, kata Raldy, tvOne terus menyiarkan secara langsung Informasi penghitungan suara Real Count dari KPU. Berita-berita khusus pemilu disiarkan selama dua hari penuh dengan menghadirkan 30 narasumber yang kredible dari berbagai bidang ilmu untuk memberikan pendapat mengenai perkembangan penghitungan suara dan reaksi-reaksi partai, serta berbagai informasi Pemilu di Indonesia.

''Rencananya, juga pada saat Pilpres nanti, selama dua hari (48 jam), tvOne akan terus melaporkan secara langsung perkembangan hasil suara Pilpres dari berbagai daerah di Indonesia, dan memberikan laporan secara langsung dari 20 kota secara bersamaan dalam satu layar,'' ungkap Raldy yang menegaskan tvOne sebagai TV Pemilu telah membuktikan memberikan porsi yang khusus tentang Pemilu bagi pemirsa setianya.

Hiburannya, lanjut Raldy, tvOne pada pada 7 April lalu telah menghadirkan grup band Gigi, Cokelat, Soul Id dan Rass Muhammad untuk menghibur sekaligus mensosialisasikan kegiatan pemilu 2009. Program acara ini dipandu oleh presenter kawakan Desy Ratnasari dan Farhan.

Pada 8 April lalu telah ditayangkan program hiburan Jelang Pemilu Indonesia Satu Untuk Negeri dengan menghadirkan penyanyi senior Iwan Fals. Dan, grup band Cokelat dengan lagunya berjudul 5 Menit untuk 5 Tahun akan hadir terus dilayar tvOne sampai selesainya Pilpres 2009 mendatang.

''Berbagai progam acara hiburan dan berita Pemilu 2009 ini merupakan bentuk keseriusan kita sebagai TV Pemilu untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang independen yang tidak berpihak kepada partai dan capres manapun,'' tegas Nurjaman, wakil pemimpin redaksi tvOne saat jumpa pers di Jakarta, beberapa waktu lalu. (ruz/rusdy nurdiansyah)

http://www.republika.co.id/koran/43/45483/Tayangan_Pemilu_I_tv_One_I

Tidak ada komentar: